Selasa, 25 November 2008

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi


TELEPON

Beribu-ribu tahun yang lalu pasti belum terbayang di benak manusia bahwa manusia bisa berhubungan antara satu dengan yang lain dari jarak yang berjauhan. Sampai akhirnya terciptalah suatu alat komunikasi yang bernama telepon. Telepon diciptakan oleh seorang ilmuwan Amerika bernama Alexander Graham Bell. Dia percaya bahwa aliran listrik dapat digunakan untuk membawa suara ke tempat yang sangat jauh.

Penelitian demi penelitian dilakukan, akhirnya dia menemukan jenis telepon pertama. Dan hal ini benar-benar membuat semua orang takjub. Bagaimana mungkin mereka dapat mendengar suara orang lain dengan menggunakan telepon dan dari jarak jauh pula.

Suara yang bergetar di udara disebut juga dengan gelombang bunyi. Semua gelombang bunyi berbeda satu sama lain. Ada yang keras, lembut dan ada pula yang bergetar sangat cepat dengan yang lainnya. Oleh karena itu, setiap gelombang bunyi dapat merambat melalui sinyal arus listrik yang melewati kabel.

Hingga saat ini, telepon juga semakin mengalami perkembangan. Bertahun-tahun yang lalu kita juga tidak pernah menduga bahwa penggunaan telepon kabel versi Bell bisa digeser oleh telepon genggam. Telepon dengan ukuran kecil yang dapat di bawa ke mana-mana dan membuat kegunaannya menjadi lebih personal. Dulu setiap kita menelpon ke rumah seseorang atau ke suatu kantor atau perusahaan selalu saja kita bertanya bisa bicara dengan si A, B, atau siapa saja yang kita ingin ajak bicara. Namun dengan adanya telepon genggam, kita bisa langsung berbicara dengan pribadi yang bersangkutan.

Yah. Itulah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Nanti akan seperti apalagi? Siapa yang tahu?

Tidak ada komentar:

 

Design By:
SkinCorner